KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI PUSKESMAS PITUMPANUA KABUPATEN WAJO

Penulis

  • Bidya Marsi Puskesmas Pitumpanua Kabupaten Wajo
  • Irawaty Amir Sekolah Tinggi Administrasi – Lembaga Administrasi Negara Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v23i3.39

Kata Kunci:

Kualitas Jasa, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Puskesmas

Abstrak

Abstrak

Puskesmas  sebagai  fasilitas  kesehatan  tingkat  pertama  memberikan  pelayanan kesehatan sehingga merupakan ujung tombak bagi pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan dan pelayanan kesehatan baik pada masyarakat sehat maupun sakit, baik untuk  pelayanan  rawat  jalan  maupun  rawat  inap.  Untuk  itu  kualitas  pelayanan kesehatan menjadi hal penting dalam organisasi pelayanan kesehatan karena dapat meningkatkan  efisiensi  dan  efektifitas  pelayanan  kesehatan,  meningkatkan penerimaan  masyarakat  terhadap  pelayanan  kesehatan  dan  dapat  melindungi penyelenggara pelayanan kesehatan dari kemungkinan timbulnya gugatan hukum. Untuk  itu  penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  kualitas  pelayanan  pasien pasien  rawat  jalan  Peserta  Badan  Penyelenggara  Jaminan  Sosial  di  Puskesmas Pitumpanua Kabupaten Wajo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, telaah dokumen dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS yang berkunjung pada bulan Maret sampai bulan Mei 2017, dengan jumlah sampel 147 orang  dengan  menggunakan  purposive  sampling  dan  data  dianalisis  dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pasien Pasien Rawat Jalan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Puskesmas Pitumpanua  Kabupaten  Wajo  berada  pada  peringkat  berkualitas,  baik  dilihat  dari dimensi persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan maka ada beberapa hal yang disarankan dan masih memerlukan perhatian seperti kenyamanan ruang poliklinik, kecepatan waktu  pelayanan  di  loket  kartu,  penjelasan  mengenai  informasi  fungsi  dan  cara konsumsi obat pada pelayanan di ruang obat, keramahan pelayanan di ruang obat, informasi jenis pelayanan yang tersedia di tiap ruangan rawat jalan, dan menambah ketersediaan kotak saran di ruang rawat jalan.

 Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Puskesmas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-15

Cara Mengutip

Marsi, Bidya, dan Irawaty Amir. 2017. “KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI PUSKESMAS PITUMPANUA KABUPATEN WAJO”. Jurnal Administrasi Negara 23 (3):137-48. https://doi.org/10.33509/jan.v23i3.39.