INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI DAN KEPUASAN MASYARAKAT DESA DI ERA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
inovasi, pelayanan publik, kepuasan masyarakat, COVID-19Abstrak
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) telah mengubah banyak hal, termasuk pelayanan publik. Semua jenjang pemerintahan beradaptasi dengan kenormalan baru agar pelayanan publik tidak berhenti total atau diberhentikan sementara gegara pandemi COVID-19. Pelayanan publik di tingkat pemerintahan desa juga berubah. Pemerintah Desa Lambangsari, Kabupaten Bekasi, juga melakukan inovasi pelayanan administrasi kepada masyarakat. Pandemi COVID-19 memaksa Pemerintah Desa melakukan inovasi agar pelayanan publik tetap berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi dan kepuasan masyarakat Desa Lambangsari terhadap pelayanan publik di desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Skala Likert (Rensis Likert) sebagai alat ukur tingkat kepuasan publik dan metode kualitatif untuk mendeskripsikan inovasi administrasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan Pemerintah Desa Lambangsari melakukan inovasi pelayanan publik berupa pelayanan administrasi keliling dan pelayanan administrasi jemput bola. Tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan publik pada masa Pandemi COVID-19 bernilai baik. Meski begitu, inovasi pelayanan yang dilakukan ternyata tidak signifikan berdampak pada nilai kepuasan tersebut. Masyarakat lebih memilih layanan konvensional dengan datang langsung ke kantor desa.
Unduhan
Referensi
Anca, A., & Isandi, P. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung. Jurnal Valtech, 2(1), 7–15. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1417
Amrynudin, A. D. K., & Katharina, R. (2020). Birokrasi Dan Kebijakan Percepatan Penanganan Covid-19. Info Singkat, 12(9), 25-30.
Eprilianto, D. F., Pradana, G. W., & Sari, Y. E. K. (2020). Digital inovasi sektor publik: efektivitas kolaborasi dalam implementasi inovasi dega digital. Jurnal El-Riyasah, 10(2), 127-145.
EA, P. (2019). Kebijakan publik yang agile dan inovatif dalam memenangkan persaingan di era VUCA (Volatile, uncertain, complex and ambiguous). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Henriyani, E. (2019). Program inovasi desa; antara peluang dan tantangan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 66-70.
Hutagalung, S. S., Hermawan, D., & Mulyana, N. (2020). Website Desa sebagai Media Inovasi Desa di Desa Bernung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian pada masyarakat, 5(2), 299-308.
Lambuaso, D. H., Pangemanan, S., & Monintja, D. (2020). Inovasi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Essang Selatan. Jurnal Eksekutif, 2(5), 1-9.
Nasrizal, et.al. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Era COVID-19. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, VIII(2), 123-130.
Nurwanda, A., & Badriah, E. (2020). Analisis Program Inovasi Desa Dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal Oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (Pid) Di Desa Bangunharja Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 68-75.
Ratminto dan Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salam, R. (2021). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 28–36.
Satria, B. A. (2020). Inovasi Kebijakan Desa Tangguh COVID-19 Di Kabupaten Bangka. Jurnal Publicuho, 3(3), 337–348.
Shomad, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Desa Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 8(2), 62-80.
Suandi. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belintang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 1(2),13-22.
Subekti, T., & Damayanti, R. (2019). Penerapan Model Smart Village Dalam Pengembangan Desa Wisata: Studi Pada Desa Wisata Boon Pring Sanankerto Turen Kabupaten Malang. Journal of Public Administration and Local Governance, 3(1), 18-28.
Sururi, A. (2016). Inovasi Kebijakan Publik (Tinjauan Konseptual dan Empiris). Jurnal Sawala, 4(3), 1–14.
Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik, Volume 12(2), 14–31.
Suwarno, Y. (2020). Inovasi di Sektor Publik. In STIA LAN. Jakarta: STIA LAN.
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi, 2(1), 1–18.
Tjiptono, Fandy dan Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Administrasi Negara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).