Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

JURNAL ADMINISTRASI NEGARA

A.  Tujuan dan Ruang Lingkup

       Jurnal Administrasi Negara menyediakan tempat untuk mempublikasikan artikel asli berupa pengetahuan baru yang unik dalam bidang administrasi negara. Jurnal ini membuka kesempatan seluas-luasnya untuk publikasi dan berbagi penelitian serta pengembangan upaya berkelanjutan di bidang administrasi. JAN menerbitkan artikel di bidang administrasi negara dengan pendekatan antardisiplin dengan berbagai topik kajian yang meliputi tata pemerintahan, organisasi publik, pelayanan publik, manajemen, etika birokrasi, kebijakan publik serta hukum administrasi/tata pemerintahan.

B.  Pengajuan Naskah

       Naskah yang akan diterbitkan dalam JAN meliputi artikel hasil penelitian, hasil penelitian terapan, hasil penelitian pustaka, maupun hasil kajian konseptual. Penulis harus menjamin bahwa artikel belum diterbitkan di tempat lain. Artikel harus ditulis dalam bahasa Indonesia disertai abstrak bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan istilah yang baku dan bahasa yang baik dan benar, yang akan dikoreksi oleh seorang ahli bahasa Indonesia dan seorang ahli bahasa Inggris. Redaksi tidak akan menerima naskah yang memiliki kekurangan dalam hal istilah yang tidak baku, bahasa penulisan yang tidak baik dan benar, maupun kesalahan pengetikan. Redaksi tidak berkewajiban untuk mengembalikan artikel yang ditolak.

       Adapun ketentuan yang wajib diperhatikan oleh penulis yaitu:

  1. Penulis diwajibkan menyesuaikan naskah artikel dengan format template jurnal Administrasi Negara. Template jurnal dapat diunduh DISINI
  2. Mengunggah jurnal pada website Jurnal Administrasi Negara dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada jurnal. Pedoman Registrasi dan Pengunggahan Naskah dapat diunduh DISINI
  3. Naskah diketik dengan program Microsoft Word di atas kertas HVS ukuran A4 sekitar 3000-3500 (tidak termasuk judul, abstrak, dan referensi)
  4. Jika gambar dan/atau tabel yang digunakan ternyata banyak maka harus ditempatkan pada akhir naskah, masing-masing pada lembar terpisah. Semua halaman, termasuk halaman dengan gambar dan tabel di akhir kertas, harus diberi nomor secara berurutan.
  5. Tulisan yang masuk akan dilakukan uji plagiasi. Tingkat plagiasi yang ditoleransi adalah maksimal 25%. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi diatas 50% maka akan langsung ditolak oleh redaksi. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi 25%-50% akan diminta untuk merevisi artikel. Dalam menguji plagiasi, redaksi menggunakan aplikasi QUETEXT.
  6. Demi kelancaran proses review, bagi penulis yang telah melakukan submission artikel dipersilahkan menghubungi 081355635394 via whatsapp.
  7. Seluruh proses review akan menggunakan akun yang telah teregistrasi. Pedoman review artikel dapat diunduh DISINI