A PENERAPAN REVOLUSI MENTAL:

STUDI KASUS PADA PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DAN KAJIAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA MAKASSAR

Penulis

  • Nirwati Yapardy Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v25i1.521

Kata Kunci:

evaluasi pelatihan, revolusi mental, perubahan pasca pelatihan, faktor penghambat dan pendukung perubahan

Abstrak

Abstrak

 Tujuan dari pelatihan revolusi mental (revmen) adalah meningkatnya kompetensi ASN yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas sehingga dampak dari pelatihan ini bisa terlihat efeknya pada diri pribadi, maupun organisasi yang dikaitkan dengan nilai-nilai revolusi mental setelah pelatihan tersebut dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui keberlanjutan revolusi cara kerja alumni peserta pelatihan Revmen; 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi  keberlanjutan atau ketidakberlanjutan revolusi cara kerja peserta, 3) mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pasca pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada semua alumni revolusi mental yang ada di Puslatbang KMP. Hasil penelitian menemukan bahwa dari dua belas revolusi kerja, yang masih berlanjut sembilan revolusi kerja dan tiga revolusi kerja tidak mencapai target. Adapun faktor penghambat keberlanjutan mereka disebabkan oleh karakteristik individu, organisasi atau lingkungan kerja (rekan kerja, atasan, peralatan kerja, dan beban kerja), dan faktor terakhir adalah pelatihan. Perubahan pasca pelatihan terlihat dari dua hal, pertama, perubahan sikap dan perilaku dalam melihat atau memaknai pekerjaan, kedua perubahan hasil atau kualitas kerja. Hanya saja, temuan dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa umumnya keberlanjutan proyek perubahan mereka hanya pada tingkat capaian jangka pendek atau berhenti pada saat alumni menjadi peserta pelatihan. Faktor yang mempengaruhi keberlanjutan proyek perubahan alumni adalah kualitas dari proyek perubahan, keberadaan milestone capaian jangka menengah dan panjang, dukungan pimpinan (mentor), mutasi dan tim yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alvarez, K., Salas, E., & Garofano, C. M. 2004. An integrated model of training evaluation and effectiveness. Human resource development Review, 3(4), 385-416.

Hardjana, A. M. 2001. Training SDM yang efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Holton III, E. F. 1996. The flawed fourâ€level evaluation model. Human resource development quarterly, 7(1), 5-21. https://doi.org/10.1002/hrdq.3920070103.

Indriyanto, B. 2014. Mengkaji Revolusi Mental dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 554-567. http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v20i4.165.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. 2017. Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23-42. https://doi.org/10.1002/nur.21768.

Kirkpatrick, D., & Kirkpatrick, J. 2005. Transferring learning to behavior: Using the four levels to improve performance. Berrett-Koehler Publishers.

Kirkpatrick, D.L. 1970. Evaluation of training. In P.L. Browning (Ed.). Evaluation of Short-Term Training in Rehabilitation. Monograph, (3), pp. 35-56. College of Education. University of Oregon, Rehabilitation, Research, and Training Centre in Mental Retardation.

Lambert, V. A., & Lambert, C. E. 2012. Qualitative descriptive research: An acceptable design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255-256.

LAN, PKP2A. 2016. Laporan Kajian Sustainabilitas Inovasi Alumni Diklat Kepemimpinan Tingkat III Dan IV. Tahun 2016.†Makassar.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 2014. Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications, Inc.

Noe, R.A. 2002. Employee training an development (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Sukmajadi, B. 2019. The role of mental revolution training on the improvement of civil servant professionalism in public services in dki jakarta provincial government. Monas: Jurnal Inovasi Aparatur, 1(1), 30-38. Retrieved from http://e-journal.bpsdm.jakarta.go.id/monas/article/view/3

Tannenbaum, S.I. Cannon-Bowers, J.A., Salas, E., & Mathieu, J.E. 1993. Factors that influence training effectiveness. A conceptual model anf longitudinal analysis (No. Navtrasyscen-TR-93-011). Naval Training System Center Orlando, Fl.

Tracey, J. B., & Tews, M. J. 1995. Training effectiveness: Accounting for individual characteristics and the work environment. The Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 36(6), 36-42. https://doi.org/10.1177/001088049503600615.

Undang Undang Republik Indonesia No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Revolusi Mental Untuk Pelayanan Publik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-02

Cara Mengutip

Yapardy, Nirwati. 2019. “A PENERAPAN REVOLUSI MENTAL:: STUDI KASUS PADA PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DAN KAJIAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA MAKASSAR”. Jurnal Administrasi Negara 25 (1):1-18. https://doi.org/10.33509/jan.v25i1.521.