INOVASI PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS “MOTOR PELAYANAN LORONG TA” PADA KANTOR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Mutiara Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar
  • Alam Tauhid Syukur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.319

Kata Kunci:

Motor Pelayanan Lorong Ta’, Inovasi, Pelayanan Publik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik studi kasus Motor Pelayanan Lorong Ta’ pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Apakah penyelenggaraannya sudah berjalan sesuai dengan nilai-nilai pelayanan publik atau sebaliknya, dan seperti apa prosedur yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menggunakan layanan ini.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan yang menjadi unit analisis pada penelitian ini yaitu pegawai kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam hal ini Camat, Sekretaris Kecamatan dan Driver Motor Pelayanan Lorong Ta’ serta beberapa masyarakat Kecamatan Rappocini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motor Pelayanan Lorong Ta’ ini sudah cukup baik hanya saja tentang ketepatan waktu, kurangnya SDM dan prasarana yang disediakan oleh pihak kecamatan cukup menjadi hambatan dalam penyelenggaraan inovasi tersebut sehingga inovasi ini belum dapat dikatakan efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.Saran yang dapat diberikan sebaiknya dari pihak kecamatan menambahkan SDM dan prasarananya agar dalam melayani masyarakat tidak lagi terjadi keterlambatan sehingga membuat masyarakat menunggu.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-18

Cara Mengutip

Pratiwi, Mutiara, dan Alam Tauhid Syukur. 2018. “INOVASI PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS “MOTOR PELAYANAN LORONG TA” PADA KANTOR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR”. Jurnal Administrasi Negara 24 (3):139-48. https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.319.