ANALISIS PENERAPAN PARADIGMA E-GOVERNMENT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Penulis

  • Hazid Jalma Universitas Andalas
  • Desna Aromatica Universitas Andalas
  • Ria Ariany Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1762

Kata Kunci:

Manajemen Perubahan, Pelayanan Publik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Abstrak

Sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) yang merupakan “tonggak” pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah, membutuhkan birokrat pemerintah merubah cara berpikir dari paradigma birokrasi menjadi paradigma e-government agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan paradigma e-government pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, materi-materi visual kualitatif dengan pegawai dan stakeholder Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan telah menerapkan pradigma e-government yang dilihat dari beberapa indikator penelitian seperti orientasi, proses organisasi, prinsip manajemen, gaya kepemimpinan, komunikasi internal, komunikasi eksternal, bentuk penyerahan pelayanan dan prinsip penyerahan pelayanan. Kesimpulan penelitian ini, penerapan paradigma e-government dalam pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan memberikan dampak baik pada pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, proses penyelesaian tugas dengan memanfaatkan elektronik dan hubungan yang baik stakeholder dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, B., Rudy, I., & Opan, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66–77.

Awaludin, L. (2019). Strategi Penguatan Kompetensi Sdm Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) Dalam Mengoptimalkan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Jurnal Paradigma Polistaat, 2(2), 118–134.

Cahyadi, A. (2003). E-Government: Suatu Tinjauan Konsep dan Permasalahan. Jurnal The WINNERS, 4(1), 1–12.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Empat; Amaryllis, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, N. & Indra, S. D. (2014). The Critical Success Factors Study for e-Government Implementation. International Journal of Computer Applications, 89(16), 23–32.

Dhahir, D. F. (2020). ICT and PR Competencies of Functionaries of South Sulawesi, South East Sulawesi, Maluku, and Papua Provincial Governments. Jurnal Administrasi Negara, 26(1), 68–93. https://doi.org/10.33509/JAN.V26I1.1226

Gunawan, C. I. (2015). Sistem Informasi manajemen & E-Government (Pertama; B. C. Dharmawan, Ed.). Purwokerto: CV. IRDH.

Hamidah, N. R. (2015). Implementasi E-government dalam Pelayanan. Universitas Sebelas Maret.

Handika, R. (2017). Kinerja Pegawai Sebelum dan Sesudah Berbasis E-Government (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tanggamus (Tesis). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Imania, A. N. (2021). E–Government di Kota Surakarta dilihat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jurnal Mahasiswa Wacana Publik, 1(1), 176–189.

Indrajit, R. (2004). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi.

Indrajit, R. (2007). Electronic Government in Action: Strategi Implementasi di Berbagai Negara (Pertama; D. Rudianto, Ed.). Yogyakarta: Aptikom.

Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174–201. https://doi.org/10.30872/JP.V2I1.351

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019

Juairiah, O. (2017). Penerapan E-Office Dalam Administrasi Perkantoran (Studi Kasus : Balitbangda Prov. Sumsel). Jurnal Pembangunan Nagari, 2(1), 75–84.

Kumurur, V. A. (2008). Penerapan E-Government Mendorong Terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Baik Di Indonesia. Jurnal Ekoton, 8(2), 53–72.

Muhammad. (2018). BIROKRASI Kajian Konsep, Teori menuju Good Governance) (Pertama; B. Rahman, Ed.). Lhokseumawe: Unimal Press.

Mustapa, Z. (2011). Reformasi Birokrasi Melalui E-governance : Peluang atau Tantangan dalam Pelayanan Publik ? Jurnal Otoritas, 1(2), 1–11.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik : Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42.

Puspita, M. (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 362–371.

Ratnasari, S. L., Fitri, D., Zulkifli, Z., Nasrul, H. W., & Supardi, S. (2020). Analisis Manajemen Perubahan, Kepemimpinan Transformasional, Struktur Organisasi, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Benefita, 5(2), 225–237. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5303

Rianto, B. Lestari, T. (2012). Polri & Aplikasi E-goverrnment dalam Pelayanan Publik. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.

Saputra, R. A. (2018). Penilaian Kualitas Layanan E-government dengan Pendekatan Dimensi E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 1794–1802.

Slamet, Abdul, R. B. H., & Aziz, D. (2007). Restrukturisasi dan Reorientasi Menuju Percepatan Target E-government di Indonesia. 1–6. Bandung.

Sugandi, L. (2013). Dampak Implementasi Change Management pada Organisasi. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(1), 313–323. https://doi.org/10.21512/COMTECH.V4I1.2743

Wahab, R. A. (2015). Studi Implementasi E-Government di Daerah Perbatasan. Jurnal Pekommas, 18(1), 1–14.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Jalma, Hazid, Desna Aromatica, dan Ria Ariany. 2022. “ANALISIS PENERAPAN PARADIGMA E-GOVERNMENT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PESISIR SELATAN”. Jurnal Administrasi Negara 28 (2):163-92. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1762.