IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 24 TAHUN 2017 TENTANG PEMBENTUKAN UNIT KERJA LAYANAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Penulis

  • Ainov Azharada Universitas Riau, Indonesia
  • Giovani Meiwanda Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1717

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Peraturan Bupati, Pembentukan Unit Kerja Layanan, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan

Abstrak

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah berupaya untuk memperdekat, mempermudah dan memperluas jangkauan layanan administrasi kependudukan melalui diterapkannya Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2017 tentang Pembentukan Unit Kerja Layanan (UKL) disetiap Kecamatan dalam urusan pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini melakukan analisis terhadap pengimplementasian kebijakan dengan menggunakan konsep teori implementasi kebijakan Edward III yakni Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data Interactive Model. Hasil penelitian ini mengindikasikan pada variabel komunikasi kebijakan telah berjalan dengan baik. Pada variabel Sumber daya UKL telah memiliki kewenangan yang cukup namun masih adanya permasalahan berupa keterbatasan jumlah sumber daya manusia, kurangnya fasilitas, keterbatasan anggaran dan permasalahan jaringan. Pada variabel disposisi, sikap pelaksana telah mendukung kebijakan dengan komitmen yang dimiliki, tetapi pola pengangkatan birokrat belum mempertimbangkan kualifikasi serta belum tersedianya insentif bagi pegawai fungsional UKL. Pada variabel struktur birokrasi telah terdapat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang seragam dalam mendukung pelayanan dan fragmentasi yang ada disikapi dengan konsistensi komunikasi dan koordinasi antar pelaksana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdoellah, A. Y., & Rusfiana, Y. (2016). Teori dan Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Agustino, L. (2017). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan. (2020). Kabupaten Pesisir Selatan dalam Angka 2020. Pesisir Selatan.

Dwiyanto, A., Partini, Ratminto, Wicaksono, B., Tamtiari, W., Kusumasari, B., Nuh, M. (2021). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Edwards III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Washington, D.C: Congressional Quarterly Press.

Hermana, D., Ulumudin, A., & Yudiardi, Y. (2019). Kebijakan Publik. Garut: Universitas Garut.

Kadji, Y. (2015). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik : Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas. Gorontalo: UNG Press.

Kasmad, R. (2018). Studi Implementasi Kebijakan Pubik. Makassar: Kedai Aksara.

Nugroho, R. (2017). Public Policy. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?. Jurnal Konstitusi, 11(3), 232-443.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiqurokhman. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Jakarta: Universitas Moestopo Beragama (Pers).

Wibawa, K. C. S. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Adminitrative Law & Governance Journal, 2 (2), 218-234.

Widiyarta, A. (2012). Pelayanan Kesehatan dari Perspektif Participatory Governance (Studi Kasus Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Dasar Kesehatan di Kota Surabaya). (Doctoral Dissertation, Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya).

Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Yonvitner, Susanto, H. A., Yuliana, E. (2019). Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut. Banten: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Azharada, Ainov, dan Geovani Meiwanda. 2022. “IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 24 TAHUN 2017 TENTANG PEMBENTUKAN UNIT KERJA LAYANAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN”. Jurnal Administrasi Negara 28 (2):113-37. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1717.