AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR)

Penulis

  • Muhammad Fikri Haikal Dinas Kebudayaan Kota Makassar
  • Deasy Mauliana Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v28i1.1651

Kata Kunci:

Akuntabilitas dan Transparansi, Pelayanan E-KTP

Abstrak

Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar adalah salah satu unit yang melakukan pelayanan public, yang saat ini menjadi terdapat beberapa masalah, diantaranya adalah permasalahan pelayanan E-KTP yang seringkali mengalami keterlambatan proses penyelesaian. Oleh karena itu penulis berniat untuk melakukan sebuah proses penelitian di Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi prinsip akuntabilitas dan transparansi di dalam proses pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif sehingga seluruh penyajian data yang dipaparkan akan disajikan dalam bentuk deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah teknik pengumpulan data berbasis wawancara, observasi dan telaah dokumen. Teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi akuntabilitas dilihat dari aspek akurasi dan kelengkapan informasi yang berhubungan dengan cara-cara mencapai sasaran suatu program telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang dijanjikan; dari aspek Sistem Informasi Manajemen dan Monitoring Hasil telah berjalan dengan optimal baik dari segi kualitas pelayanan dan kualitas sumber daya manusia; dari aspek akses publik dalam mengakses informasi dan mekanisme pengaduan masyarakat perlu dioptimalkan. Sedangkan dari segi transparansi, penyediaan informasi yang jelas tentang prosedur-prosedur, Biaya dan Tanggung Jawab sudah berjalan dengan baik, dari aspek Kemudahan Akses Informasi telah berjalan dengan baik, dan dari aspek Penyusun mekanisme pengaduan jika ada peraturan yang dilanggar atau permintaan untuk membayar uang suap masih belum berjalan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Halim, Abdul, dkk. 2012. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Krina, P., Lalolo, Loina. (2003) Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi Sekretariat Good Public Governance, Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. UNDP. 2007

Kristianten. 2006. Transparansi Anggaran Pemerintah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kusumastuti, Penny, Lukito. 2014. Membumikan Transparansi Dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Demokrasi Ke Depan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Miles, M. B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nisjar S., Kahar. 1997. “Beberapa Catatan tentang Good Governance”. Dalam jurnal Administrasi dan Pembangunan.

Patton, Michael. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Polidano, C. 1998. “Why Bureaucrats Can’t Always Do What Ministers Want: Multiple Accountabilities in Westminster Democracies.” Public Policy and Administration 13, No. 1, Spring 1998.

Santoso, Pandji. 2008, Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, Hessel N.S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo

Thoha Miftah. 1991. Beberapa Aspek Kebijaksanaan Birokrasi. Jogjakarta: Widya Mandala.

UNDP.1997. Governance For Sustainable Human Development. United Nations Development Programme.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Muhammad Fikri Haikal, dan Deasy Mauliana. 2022. “AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR)”. Jurnal Administrasi Negara 28 (1):89-112. https://doi.org/10.33509/jan.v28i1.1651.