MODEL ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DPMPTSP PROVINSI JAWA TIMUR

Penulis

  • Kamelia Irfani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Firda Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Agus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1456

Kata Kunci:

Analisis, Strategi, Kualitas, Pelayanan Publik, SWOT

Abstrak

Perwujudan kesejahteraan masyarakat dilakukan melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas dan optimal sesuai harapan publik. Urgensi peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai wujud komitmen pemerintah kepada masyarakat agar memperoleh pelayanan secara mudah, murah, cepat, dan tepat. Fenomena proses pelayanan perizinan yang lama serta rumit dalam prosedural dan kelengkapan persyaratan administrasi kemudian melahirkan inovasi berbasis pemanfaatan teknologi yang dikenal dengan Online Single Submission (OSS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Provinsi Jawa Timur yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualititatif dan pengukuran berdasarkan analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threat). Hasil penelitian menunjukkan pada indikator strengths meliputi aspek kecukupan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan program kegiatan sosialisasi maupun pendampingan yang menjadi kunci strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Indikator weaknesses teridentifikasi pada pelayanan security yang merangkap menjadi front office dan jam operasional pelayanan yang kurang optimal, sehingga diperlukan strategi transformasi menuju digitalisasi berbasis jaringan koneksi (online) dan penciptaan sistem pengawasan disiplin aparatur. Kemudian, pada indikator opportunities menguraikan adanya inovasi program pelayanan yang diimbangi dengan upaya pengembangan sistem TI (e-government), namun diperlukan strategi pengembangan berfokus pemahaman masyarakat melalui penciptaan konten informatif dan edukatif agar tercipta layanan yang efektif dan efisien. Indikator threat yang menyatakan tingkat pengetahuan masyarakat rendah dan didukung dengan keterbatasan dalam penggunaan TI sehingga membutuhkan strategi memberdayakan masyarakat melalui pemberian simulasi pembelajaran media TI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Widiyarta, Moch. Rozzaq, A. I. M. (2020). Inovasi Administratif Dalam Sektor Publik ( Studi Tentang Inovasi Government Resourch Management System ). Sosial Ekonomi Dan Politik, 1(1), 28–36.

Anggraini, F. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) (Perspektif Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018).

Fadhilah, A. N. U. R., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (OSS) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan …. Publika. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27533

Freddy Rangkuti. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisni (kesebelas). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Muafa, Ghina Rindho, E. H. F. (2019). Penerapan Sistem Perizinan Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo. Unesa, 1–7.

Ramadhani Karina Suryadevi; Eva Hany Fanida, S.AP., M. A. (2020). Inovasi Program Online Single Submission (OSS) Dalam Layanan Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Publika, 8(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32573

Siagian, S. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2000). Prinsip- Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Irfani, Kamelia, Firda Ainun Naziyah, dan Agus Widiyarta. 2021. “MODEL ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DPMPTSP PROVINSI JAWA TIMUR”. Jurnal Administrasi Negara 27 (1):1-26. https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1456.