PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (FILM DOKUMENTER)

Penulis

  • Musdaifa Mansyur Badan Keuangan Kabupaten Mamuju Tengah
  • Frida Chairunisa Politeknik STIA LAN Makassar
  • Nuraeni Sayuti Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v27i2.1247

Kata Kunci:

Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Mamuju Tengah

Abstrak

Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan telah dikelola secara penuh oleh pemerintah daerah termasuk daerah kabupaten Mamuju Tengah. Potensi penerimaan yang cukup tinggi di sektor ini diharapkan dapat diserap secara maksimal untuk dimanfaatkan dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat. Namun potensi yang menjanjikan tersebut belum mampu dipungut oleh pemerintah sehingga menimbulkan piutang dari tahun ke tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi, telaah dokumen untuk memperoleh informasi terkait pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang dituangkan kedalam bentuk film dokumenter. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang. Analisis data dilakukan dengan memilah hasil foto atau video yang diperoleh kemudian disusun berdasarkan storyboard atau alur cerita yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian mengindikasikan proses pemungutan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan masih mengalami sejumlah kendala sehingga menyulitkan pemerintah untuk mencapai target penerimaan yang sudah ditetapkan setiap tahun. Masalah tersebut antara lain ketidaksesuaian data subjek dan objek data, kurangnya kesadaran pajak, dan sulitnya petugas menagih atau menemui pemilik objek pajak. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan perbaikan basis data secara terencana dan melakukan berbagai inovasi agar kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajibannya dapat terwujud.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayawaila, Gerzon.(2017). Film Dokumenter. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardiasmo. (2011). “Perpajakan Edisi Revisi”. Yogyakarta : Andi.

Nisa, Sofiatun dan Rahman, Yozi Aulia. (2019). Study of the Collection and Potency of Rural and Urban Land and Building Tax. Journal Efficient Vol 2(1) (2019):354-361. Unnes

Nurtanzila, Lastria & Kumorotomo, Wahyudi. (2015). “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan PBB P2 di Kota Yogyakarta Pasca Pelimpahan Kewenangan Pengelolaan PBB P2 oleh Pusat Kepada Daerah”. p-ISSN 0852-9213, e-ISSN 2477-4693. Universitas Gadjah Mada.

Djajadiningrat, S.I. (2007). Asas dan Dasar perpajakan 2. Bandung : Eresco.

Tarmudji, Tarsis. (2001). Memahami Pajak dan Perpajakan. Semarang: Unnes.

Tri Handayani, Witiya., Santoso, Sigit. & Sohidin. (2014). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Realisasi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Kecamatan Jebres Kota Surakarta”. Jupe UNS, Vol 2, No 3, Hal 224 s/d 237. Universitas Sebelas Maret.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Mansyur, Musdaifa, Frida Chairunisa, dan Nuraeni Sayuti. 2021. “PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (FILM DOKUMENTER)”. Jurnal Administrasi Negara 27 (2):182-204. https://doi.org/10.33509/jan.v27i2.1247.